Iklan

Puan Kepak Sayap ke Sawah

snapIG
12 November 2021 | 21.26 WIB Last Updated 2021-11-12T14:39:58Z

Ketua DPR RI, Puan Maharani
SnapIG.id - Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu para petani di areal persawahan Dewi Rembang, Desa Banjar, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Ia turut serta memanen padi jenis Inpari. Puan dengan lancar menggunakan sabit untuk memotong helaian padi di pematang sawah, Jumat (12/11). Sembari mengobrol hangat dengan para petani perempuan, Puan sangat menikmati kegiatan panen itu.

"Sampean medamele nopo (Anda bekerja apa)?" sapa Puan berbahasa Jawa. Dijawab Siti Munawaroh, "Buruh tani," jawab Siti yang sedang memanen padi bersamanya.

"Laute jam pinten (Selesainya jam berapa)? "Jam 12," jawab para perempuan petani itu dengan kompak.

"Sawah di Desa Banjar, Dusun Rembang, Kecamatan Licin ini adalah bukti nyata bahwa kegiatan pertanian kita itu memiliki potensi besar untuk dijadikan agrowisata," kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu mengatakan, persawahan di Licin memperlihatkan bagaimana proses mengolah tanah hingga panen bisa menjadi atraksi wisata yang bagus. Oleh karenanya, Puan mendorong pertanian di daerah lain bisa menjadikan kegiatan tani di Licin ini sebagai contoh.

"Agrowisata seperti ini bisa menjadi keunggulan pariwisata Indonesia karena kita memilki banyak lahan pertanian dan perkebunan," tuturnya.

Puan pun memuji masyarakat Banyuwangi yang solid menjadikan kegiatan pertanian sebagai hal membanggakan. Ia menyebut, upaya masyarakat Banyuwangi melestarikan kebudayaan patut diacungkan jempol.

"Kegiatan di sini dilakukan dengan semangat gotong royong, kolaborasi dengan petani. Tanam sama-sama, panen sama-sama, produktivitas naik, juga mengangkat tradisi lokal bagaimana membajak tanah, dan menanam," ucap Puan Maharani.

"Tapi masyarakat Banyuwangi juga terbuka dengan perkembangan zaman, melakukan pertanian modern menggunakan transplenter rice. Artinya petani di agrowisata bukanlah penonton tapi pelaku," Tutp mantan Menko PMK itu, dikutip laman detik.com
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puan Kepak Sayap ke Sawah

Trending Now

Iklan

iklan